Kamis, 03 November 2011

Service Leadership & Productivity

Kelas Service Marketing hari ini membahas tentang case study Starbucks Company. Dalam case study itu dibahas tentang bagaimana kesuksesan Starbucks di awal tahun 1990-an. Namun kesuksesan starbucks itu seakan tidak berlangsung lama, dan terus berkurang di tahun 2000-an.

Seiring dengan bertambahnya cabang baru di seluruh dunia, kepuasan konsumen justru semakin berkurang. Starbucks merupakan sebuah perusahaan yang baik dalam hal inovasi produk, namun kurang baik dalam inovasi service. Starbucks terus berkembang tetapi kurang diimbangi dengan pelayanan yang memuaskan. Dari kasus yang dialami oleh Starbucks ini kami belajar bahwa dalam menjalankan sebuah bisnis, kita tidak boleh hanya terfokus pada produktivitas saja melainkan harus memenuhi kepuasan konsumen dari segi pelayanan.

Dari kelas hari ini bisa kami simpulkan bahwa untuk menyeimbangkan antara peningkatan produk dan service bisa dilakukan yaitu meningkatkan pengorganisasian untuk menghasilkan produk dan pelayanan yang lebih baik melalui pelatihan bagi karyawan agar mampu memberikan service yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar